SIDANG

Rapat Komisi tentang Raperda Perubahan APBD Kabupaten Sukoharjo Tahun Anggaran 2021

1 September 2021

Rapat Komisi tentang Raperda Perubahan APBD Kabupaten Sukoharjo Tahun Anggaran 2021

Selasa, 31 Agustus 2021 telah diselenggarakan Rapat Komisi yang membahas tentang Raperda Perubahan APBD Kabupaten Sukoharjo Tahun Anggaran 2021 di gedung DPRD Kabupaten Sukoharjo. Rapat dihadiri oleh seluruh Pimpinan dan Anggota Komisi DPRD Kabupaten Sukoharjo beserta OPD terkait. Hasil rapat tersebut yaitu:

  1. Semua komisi menyetujui usulan Raperda Perubahan APBD Kabupaten Sukoharjo Tahun Anggaran 2021 pada perangkat daerah leading sektor.
  2. Menyarankan dan merekomendasikan untuk tidak melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka apabila siswa belum divaksin.
  3. BUMD di Kabupaten Sukoharjo agar menggali potensi sumber pendapatan baru dan meningkatkan SDM supaya pelayanan masyarakat lebih profesional.
  4. Dinas Pertanian dan Perikanan agar melakukan apel ALSINTAN dan alat yang sudah tidak berfungsi untuk ditarik ke dinas, serta melakukan reorganisasi kepengurusan kelompok tani dan GAPOKTAN.
  5. Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM agar memaksimalkan pemanfaatan aset gedung serta membuka peluang bagi pihak ketiga/swasta dengan tetap memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  6. Kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk menangani pembuangan sampah di pinggir sungai di lingkungan Pasar Glondongan.
  7. Kepada Dinas Perhubungan agar menambah petugas personil pengaturan jalan di Perempatan Barat SMP Baki.
  8. Kepada DPUPR agar memperbaiki jalan paving di bundaran Pandawa Solo Baru serta di ruas Jalan Pundungrejo sampai Sanggang.
  9. Perlu dilakukan normalisasi sungai karena sedimentasi yang berada di Dukuh Kajen Desa Grogol Kecamatan Grogol, perlu perbaikan talud serta penanganan sampah sudah sangat mengganggu aliran air.
  10. Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), terdapat pergeseran anggaran pada Sub Kegiatan.
  11. Pada Dinas Kesehatan:
    • Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo diharapkan untuk lebih giat lagi melakukan Sosialisasi terkait Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, agar target 60% dapat tercapai. Karena per tanggal 31 Agustus 2021 baru tercapai 32%.
    • Sehubungan akan diadakannya Belajar Tatap Muka, Dinas Kesehatan untuk segera mengusahakan Vaksinasi Covid-19 bagi Pelajar umur 12-17 tahun.
  12. Pada Dispernaker:
    • Dispernaker agar memonitor Perusahaan yang akan merumahkan atau melakukan PHK pada karyawan.
    • Dispernaker untuk segera merampungkan permasalahan pada PT. Tyfountex.

Hasil rapat komisi tersebut menjadi bahan rapat dan kesimpulan dari Rapat Badan Anggaran II yang dilaksanakan pada tanggal 1 September 2021 di gedung DPRD Kabupaten Sukoharjo. Rapat dihadiri oleh Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sukoharjo beserta Tim Anggaran Pemerintah Daerah.

Share :