RAPAT

Rapat Paripurna dengan acara Penyampaian Pengantar Nota Pengantar KUA-PPAS APBD Kabupaten Sukoharjo Tahun Anggaran 2022 dan Penyampaian Nota Pengantar Raperda tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo Tahun 2024

7 Oktober 2021

Rapat Paripurna dengan acara Penyampaian Pengantar Nota Pengantar KUA-PPAS APBD Kabupaten Sukoharjo Tahun Anggaran 2022 dan Penyampaian Nota Pengantar Raperda tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo Tahun 2024

Kamis, 7 Oktober 2021 telah diselenggarakan Rapat Paripurna dengan acara Penyampaian Pengantar Nota Pengantar KUA-PPAS APBD Kabupaten Sukoharjo Tahun Anggaran 2022 dan Penyampaian Nota Pengantar Raperda tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo Tahun 2024 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukoharjo. Rapat dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukoharjo beserta anggota DPRD.

Kebijakan Umum APBD, Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara APBD Kabupaten Sukoharjo Tahun Anggaran 2022 merupakan implementasi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022. Penyusunan KUA dan PPAS bertujuan agar Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah, sebagai materi dasar Rancangan APBD Tahun Anggaran 2022, tidak menyimpang dan selaras dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Postur Pendapatan Daerah pada Tahun 2022 masih dipengaruhi kondisi pandemi Covid-19. Meskipun demikian, pada pos Pendapatan Asli Daerah diproyeksikan tetap ada kenaikan dibanding APBD Tahun Anggaran 2021 sebelum refocusing, namun dari pos Pendapatan Dana Transfer yang berasal Pemerintah Pusat, ada penurunan.

Estimasi Pendapatan Asli Daerah (PAD), ditargetkan  sebesar Rp344.345.759.350,00 atau naik 3,85%. Untuk pos Pendapatan Transfer, direncanakan sebesar Rp1.530.507.625.000,00 atau turun  0,57%. Lain-Lain Pendapatan Daerah Yang Sah sebesar Rp70.430.800.000,00.

Estimasi Belanja Daerah sebesar Rp2.101.839.592.631,00 atau turun 6,48%, yang terdiri dari:

  1. Belanja Operasi, dianggarkan sebesar Rp1.913.040.331,00 atau naik 2,15% dengan perincian:
    • Belanja Pegawai sebesar Rp908.240.910,00
    • Belanja Barang Jasa sebesar Rp407.022.421,00
    • Belanja Subsidi, sebesar Rp1.478.511.000,00
    • Belanja Hibah, sebesar Rp37.475.266.000,00
    • Belanja Bantuan Sosial, sebesar Rp13.970.000.000,00
  2. Belanja Modal, sebesar Rp219.723.939.300,00
  3. Belanja Tidak Terduga, sebesar Rp50.000.000.000,00
  4. Belanja Transfer, sebesar Rp303.202.613.000,00

Selanjutnya pada jenis Penerimaan Pembiayaan daerah, direncanakan Perkiraan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran Tahun Anggaran Sebelumnya (SiLPa) sebesar Rp183.138.524.281,00. Sedangkan pada jenis pengeluaran pembiayaan direncanakan untuk Pembentukan dana cadangan dalam rangka kegiatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 sebesar Rp20.000.000.000,00 dan Penyertaan Modal sebesar Rp6.500.000.000,00, untuk PDAM  Tirta Makmur sebesar Rp5.000.000.000,00 dan PT. Bank Sukoharjo sebesar Rp1.500.000.000,00.

Berikut penjelasan secara umum terkait Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo Tahun 2024.

  1. Pemungutan suara serentak nasional dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta Walikota dan Wakil Walikota di seluruh Wilayah NKRI dilaksanakan pada Bulan November 2024.
  2. Sesuai dengan amanat Pasal 80 ayat (1) dan ayat (2) dan ayat (5) Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Pemerintah Daerah dapat membentuk dana cadangan guna mendanai kegiatan yang penyediaan dananya tidak dapat dibebankan dalam satu tahun anggaran dengan peraturan daerah.

Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo Tahun 2024 yang diajukan oleh Bupati Sukoharjo, Hj. Etik Suryani SE, MM, secara garis besar memuat:

  1. Program, Kegiatan dan Sub Kegiatan;
  2. Besaran dan Rincian Dana Cadangan;
  3. Sumber Dana Cadangan;
  4. Penggunaan Dana Cadangan;
  5. Penempatan; dan
  6. Penatausahaan dan Pertanggungjawaban

Share :