SIDANG

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukoharjo dengan acara Jawaban/Tanggapan DPRD atas Pandangan Umum Bupati terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Pembangunan Keluarga dan Pengumuman Pansus

23 November 2023

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukoharjo dengan acara Jawaban/Tanggapan DPRD atas Pandangan Umum Bupati terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Pembangunan Keluarga dan Pengumuman Pansus

Kamis, 23 November 2023 telah dilaksanakan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukoharjo dengan acara Jawaban/Tanggapan DPRD atas Pandangan Umum Bupati terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Pembangunan Keluarga dan Pengumuman Pansus. Rapat yang diselenggarakan di gedung DPRD Kabupaten Sukoharjo tersebut dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo, Forkopimda, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Sukoharjo, Sekretaris Daerah, Asisten Sekretaris Daerah, beserta Perangkat Daerah terkait.

Jawaban/Tanggapan DPRD atas Pandangan Umum Bupati dibacakan oleh Pimpinan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Sukoharjo, Tri Jaswanto, SE.

Dalam Raperda tentang Pembangunan Keluarga ini telah dijabarkan terkait tugas dan kewajiban seluruh anggota keluarga dari semua unsur yang meliputi orang tua, anak, remaja dan lansia. Kewajiban anggota keluarga yang masuk dalam ketentuan pengaturan Raperda tentang Pembangunan Keluarga ini adalah mengenai tugas dan kewajiban anak dan orang tua. Sementara tugas dan kewajiban lansia sudah diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 17 Tahun 2017 tentang Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia.

Dalam Raperda ini ditegaskan mengenai kewenangan Pemerintah Daerah untuk memfasilitasi Pembangunan Keluarga dalam penerapan rencana pembangunan keluarga melalui ketahanan ekonomi untuk mendorong peningkatan penghasilan kepala keluarga.

Raperda ini telah mengatur ketentuan mengenai kewenangan Pemerintah Daerah untuk memfasilitasi ketahanan sosial psikologi untuk: mendorong keluarga dalam memelihara ikatan dan komitmen berkomunikasi secara efektif; pembagian dan penerimaan peran anggota keluarga; menetapkan tujuan keluarga; mendorong anggota keluarga untuk maju; membangun hubungan sosial dan mengelola masalah keluarga; serta menghasilkan konsep diri, harga diri, dan integritas diri yang positif.

Diatur juga mengenai kewenangan Pemerintah Daerah untuk memfasilitasi ketahanan sosial budaya untuk mendorong peningkatan hubungan keluarga terhadap lingkungan sosial sekitarnya dimana keluarga sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari lingkungan komunitas dan sosial di tengah masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Konsep Keputusan DPRD Kabupaten Sukoharjo tentang Pembentukan  Panitia Khusus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sukoharjo membahas Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo tentang Penyelenggaraan Perparkiran dan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo tentang Pembangunan Keluarga. Panitia Khusus I membahas dan menyempurnakan Rancangan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Perparkiran, sedangkan Panitia Khusus II membahas dan menyempurnakan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pembangunan Keluarga.

Dalam Rapat Paripurna ini, Konsep Keputusan DPRD Kabupaten Sukoharjo disetujui menjadi Keputusan DPRD Kabupaten Sukoharjo

Share :